Thursday 13 June 2013

RS Awal Bros dan BSMI Riau Gelar Operasi Katarak Gratis - Tribun Pekanbaru

RS Awal Bros dan BSMI Riau Gelar Operasi Katarak Gratis - Tribun Pekanbaru

RS Awal Bros dan BSMI Riau Gelar Operasi Katarak Gratis
Tribun Pekanbaru - Kamis, 13 Juni 2013 09:40 WIB
 
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Puluhan orang tampak meramaikan suatu ruangan di RS Awal Bros Pekanbaru, Rabu (12/6). Mereka didominasi orang tua yang ternyata tidak hanya dari Pekanbaru, tetapi juga dari daerah kabupaten di Riau ini.

Ternyata sedang ada kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis yang diselenggarakan Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Riau. Para peserta tampak mendengarkaan dan mengikuti acara pembukaan, yang kemudian dilanjutkan dengan screening.

Satu diantara puluhan peserta yang hadir adalah Nenek Maryam. Wanita paruh baya ini duduk mendengarkan kata sambutan yang disampaikan baik dari pihak Rumah Sakit maupun BSMI Riau. Ketika Tribun menghampirinya, dan menanyakan ia dari mana, Nenek Maryam mengatakan ia dari Pulau Tinggi Kabupaten Kampar. Ia datang bersama teman-temannya yang mengalami permasalahan mata juga.

Diakui ibu dua anak dan nenek dari 4 orang cucu ini, pandangannya sudah lama kabur, bahkan ia tidak bisa mengingat sudah sejak kapan pandangannya kabur. "Berangsur-angsur kabur pandangan amak. Kini makin indak joleh," kata Nenek Maryam dengan logat kamparnya.

Nenek Maryam mengaku senang dengan adanya kegiatan operasi katarak gratis ini. Karena bisa membantu orang yang susah untuk mendapatkan perawatan agar bisa melihat normal kembali. "Mudah-mudahan lulus tes kesehatan nanti, supaya bisa ikut pemeriksaan selanjutnya dan bisa lihat kembali," harap Nenek Maryam.

Sementara itu, Direktur RS Awal Bros Pekanbaru, Dr Roswin Rosnim Djaafar mengatakan senang kegiatan  bekerjasama dengan BSMI Riau. Sebelumnya kerjasama telah dilakukan sejak lama. Sebagai pihak rumah sakit, mereka menyediakan tim medis dan menyelenggarakan operasi serta sebelumnya dilakukan screening.

Kegiatan operasi katarak ini, sebenarnya sudah menjadi agenda rutin awal bros. Dan kali ini juga merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun RS Awal Bros Pekanbaru yang ke 15. "Awal berdiri sejak 1998, keinginan para pendiri menjadi kan rumah sakit ini menjadi bagian dari masyarakat. Salah satunya diwujudkan dengan kegiatan seperti ini," sebutnya.

Sementara itu, untuk peserta ditargetkan 30 yang bisa mengikuti operasi. "Karena selama dua hari ini akan discreening, kemungkinan Jumat-Sabtu dilakukan operasinya. Pengalaman sebelumnya, tidak semuanya yang lulus screening. Akan tetapi kalau lebih dari target, akan tetap kita tangani juga," pungkasnya.

Ketua BSMI Riau, Arisman Adnan kepada Tribun juga menyampaikan perasaan senangnya bisa bekerjasama dengan salah satu rumah sakit terbaik yang punya perhatian terhadap kemanusiaan. Kegiatan ini, lanjutnya merupakan salah satu program musyawarah kerja nasional (mekernas) BSMI pada 14 Juni mendatang.

"Kita mempersiapkan calon-calon yang akaan mengikuti operasi katarak. Tidak hanya dari Pekanbaru, tetapi juga dari kabupaten lain di Provinsi Riau ini. Ada hampir 200 orang calon. Tetapi yang bisa mengikuti operasi ditentukan secara medis nantinya," pungkasnya Arisman. (*)

Penulis : vina
Editor : zid

No comments:

Post a Comment